Sabtu, Desember 26, 2009

Sekilas STAN 2010




Berhubung udah deket2 UAN dan bentar lagi anak2 SMA mulai sibuk mikir mau kuliah dimana?

Nah.. Sekarang gw bakal mengulas tentang STAN..
Mungkin udah banyak yang tau ya tentang STAN, atau mungkin juga cuma denger sekilas2 aja..

gw jelasin dikit dulu deh, jadi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah perguruan tinggi kedinasan yang sekarang berbentuk Badan Layanan Umum (BLU), di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Departemen Keuangan RI.

STAN membuka pendidikan program diploma I dan III kedinasan REGULER --> buat kamu2 yg baru lulus SMA dan sederajat:
Prodip III dan IV khusus --> buat para PNS Depkeu dan instansi lainnya yg mau lanjutin kuliahnya ke D-III dan D-IV;
Trus ada satu lagi prodip non kedinasan, yaitu D-III Aktuaria dan Analis Efek --> sesuai namanya, yg ini emang ga ikatan dinas dan kuliahnya di purnawarman (daerah blok m) tapi gw ga tau apakah tahun ini masih dibuka apa ngga.? Gosipnya sih mau ditutup.. Ga tau juga deh gw..

Frequently Asked Questions:

¤ Emang STAN masih ikatan dinas.?
--> ya, STAN masih ikatan dinas.
Hal ini udah gw tanya temen yg kebetulan penempatan kerjanya di STAN.
Masih berlakunya ikatan dinas dibuktikan dengan masih dibayarkannya tunjangan ikatan dinas bagi @ mahasiswa tingkat akhir..



¤ STAN kuliahnya mahal ga.?
--> boro2 mahal, kuliah di STAN biayanya ditanggung negara.. Jadi uang yang kamu siapin paling cuma buat daftar USM + pas daftar ulang, BEM STAN mungut uang buat jaket almamater dan sumbangan kegiatan kampus yg besarnya sekitar 500-600 ribu [inipun sifatnya negotiable]

¤ di STAN jurusannya apa aja?
--> jurusan pulo gadung, n kp.rambutan juga ada [kriuk.. kriuk.. garing bener deh jokes-nya]
Oke2 serius nih..

1. D-I dan D-III Kebendaharaan Negara --> kalo di STAN, anak2 umumnya nyebut jurusan/spesialisasi ini dgn spes. Anggaran. yg dipelajarin disini lingkupnya luas banget. Pokoknya segala hal mengenai pengelolaan anggaran (APBN) dan perbendaharaan negara secara umum..

2. D-I dan D-III Administrasi Perpajakan --> dari namanya udah tau lah ya ni jurusan belajarnya apaan.?
itu loh.. yg suka ada iklannya di tivi: "Hari gini belom punya NPWP.?? Apa kata mertua.?? eh salah, Apa kata dunia..??" Wakaka.. :D

3. D-I dan D-III Kepabeanan Cukai --> cuma nerima mahasiswa cowok dan ada tes fisik tambahannya juga. Yang hobi maen CS boleh nih masuk sini, lumayan entar bisa nyobain nembak senjata betulan.. Hehe..
Tapi secara real di kerjanya, orang BC senjatanya jarang dipake nembak tuh keknya.. :O

4. D-III Penilai Pajak Bumi dan Bangunan --> ini nih bisa dibilang anak Teknik Geodesi-nya STAN. Kamu2 entar diajarin gimana ngukur tanah dan bangunan sbg dasar pengenaan PBB. Kalo di kampus, anak penilai keliatan agak 'beda' dgn alat mirip teropongnya, ga tau deh beneran lagi ngukur tanah apa sebenernya lagi mantau mahasiswi yang kebetulan lewat yee..?? :O

5. D-III Akuntansi Pemerintahan --> bedanya ama akun PTN atau PTS apa ya?
Hmm.. Kalo di STAN itu akun-nya lebih berorientasi pada akun sektor publik dan aplikasinya, sedangkan PT lain lebih ke sektor swasta dan lebih teoritis gitu deh katanya.

6. D-III Piutang dan Lelang Negara --> disini kamu bakal diajarin gimana mengurus piutang negara dan segalanya mengenai lelang yg dilaksanakan oleh negara.

¤ persyaratan masuk STAN gimana sih.?
--> untuk yg kurang ganteng dan kurang cantik jangan berkecil hati, karena untuk daftar STAN cukup dgn syarat:
- masih hidup
- udah lulus SMA atau sederajat
- nilai UAN dan UAS-nya rata2 > 7,00 [inget ya ini nilai rata2 akumulasi, jadi kalo misalnya kimia dapet 6,5 tapi secara keseluruhan rata2 UAN dan UASnya 7,01 maka masih boleh ikut daftar]
- kemungkinan tahun 2010 ini daftarnya via e-registration lagi [walau tahun lalu sempet kacau.. tapi InsyaAllah tahun ini lancar]
- paling cuma itu2 aja sih syaratnya

¤ kuliah & tata tertib kampusnya gimana.?
--> kuliahnya sistem paket, jadi ga perlu bingung ngisi Kartu Rencana Studi (KRS) [pengalaman berbingung ria ngisi KRS di kampus lain soalnya.. :D]

Ada sistem DO.. jadi usahain IP semester ganjil ga kurang dari 2,40 dan semester genap 2,60.. Oh iya, jangan sampe ketauan nyontek pas ujian karena bakal langsung di DO hari itu juga..

Absen minimal 80% kehadiran..

STAN ga ada seragam (kecuali BC). Cuma dress code aja kemeja polos warna terang dan celana panjang bahan warna gelap, untuk cewek tinggal menyesuaikan.

---------------
btw, sejak kepemimpin Ibu Sri Mulyani sbg Menteri Keuangan, peningkatan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar menjadi lebih diperhatikan..
Hal ini bisa diliat dari pembangunan berskala besar di kampus STAN-Bintaro sekarang ini.
-------------------




Keknya cukup segini dulu deh..
lebih jelasnya bisa kunjungi situs resmi STAN disini atau situs resmi BPPK disini.

Untuk USM STAN 2010 sendiri, belum ditentuin tanggalnya [InsyaAllah entar gw update lagi info-nya], kalo masih ada yang mau ditanya lagi, boleh2 aja kok..
Gratis tis tis tis


-------------

4 komentar:

  1. Apakah semus lulusan STAN langsung ditempatkan dan, selanjutnya pasti diangkat PNS? Thanks, saya sangat butuh info tersebut

    BalasHapus
  2. Mulai angkatan masuk 2007, STAN memang menerapkan kebijakan baru yaitu dengan adanya tes cpns khusus bagi lulusan STAN untuk dapat menjadi PNS Depkeu, karena angkatan 2007 sendiri baru lulus tahun 2010 ini maka sy sendiri belum tau secara pasti seperti gimana bentuk tesnya..
    Menurut info sih tesnya mirip2 psikotes..

    Lagian kalo emang USM aja lulus, saya kira tes begini seharusnya ga perlu terlalu dikhawatirkan..

    Tapi lucunya walaupun ada tes cpns kek gini, toh mereka yg masuk tahun 2007 tetap disuruh tanda tangan pernyataan untuk 'wajib bekerja' di Departemen Keuangan waktu daftar ulangnya.

    Makanya ada juga yg bilang tes cpns cuma formalitas yg tujuan sebenernya adalah untuk menentukan tempat yg cocok di depkeu sesuai bakat dan kemampuanmu. -------

    Selain itu, setelah lulus sebenernya kamu pun diberi kesempatan untuk memilih, apakah tetap mau di Depkeu atau pilih instansi lain seperti BPK, BPKP, Meneg BUMN, Menko Perekonomian, dll..

    Intinya sih semua lulusan STAN akan mendapat penempatan di instansi pemerintah..

    Kalo masih kurang jelas tanya lagi aja ya.?

    BalasHapus
  3. ada ga cewe stan yg pake rok pendek? ada ketentuan gitu ga sih soal panjang rok?

    BalasHapus
  4. walaupun jarang yang pake rok pendek tapi kayanya mahasiswa2 sih sebenernya mengharapkan juga ada mahasiswi yang rok pendek... hehehe...

    panjang rok ketentuannya cuma : panjangnya dibawah lutut.. standar kan ya?

    ga mungkin lah kuliah pake rok mini.. hehe..

    *anyway.. ini pertanyaan udah lama ya? hahaha..
    telat bener gw jawabnya.. maap ya..

    BalasHapus